Friday 20 July 2012

Guru Era Digital Untuk Masa Depan Indonesia

Diantara kita mungkin bertanya-tanya seperti apa sih rupa Guru Era Digital itu? Apakah Guru Era Digital itu adalah guru yang selalu terlihat membawa gadget-gadget terkini seperti Blackberry dan ipad kemanapun ia pergi. Atau ketika mengajar guru selalu menggunakan power point untuk menjelaskan materi pelajarannya.

Kalau menurut saya Guru Era Digital tidak cukup hanya bisa “menggunakan” teknologi terbaru namun  juga harus bisa membangun rasa senang belajar yang kemudian memunculkan daya pikir kritis dan jiwa kreatif siswanya. Disisi lain kehadiran serba “high tech” ini tidak lantas menjadikan mereka “robot-robot digital” yang bisu, angkuh dan egois.  Untuk itu menjadi tugas Guru Era Digital untuk tetap memberikan sentuhan “human touch” yang menjadikan anak-anak tetap santun, berempati dan berjiwa sosial. Guru Era Digital juga harus arif pada rekan seprofesi yang belum sepenuhnya paham akan pemanfaatan teknologi untuk pendidikan. 

Lalu, bagaimana caranya bagi para guru yang ingin turut serta menjadi bagian Guru Era Digital? Mudah saja. Berikut ini tips-tips dari saya:

1.    Bergabunglah dengan komunitas GURARU (Guru Era Baru).
guraru.org
Kehadiran website GURARU membantu mewadahi aspirasi para guru terkait dengan dunia pendidikan dan teknologi pendidikan. Anda dapat membaca beragam tulisan terkait pemanfaatan teknologi untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. Andapun dapat sharing seputar pengalaman menggunakan teknologi untuk mengajar dengan para guru dari seluruh Indonesia.

2. Sering-seringlah mengunjungi blog dan twitter milik gurukreatif
gurukreatif.wordpress.com
Memang sudah cukup banyak guru yang aktif nge-blog. Namun  menurut saya blog dan twitter guru kreatif ini wajib dikunjungi guru-guru di Indonesia. Pak Agus Sampurno,sang gurukreatif yang mendapat anugerah Guraru Award 2011 ini selalu rapi menyajikan artikel terkait pendidikan, manajemen sekolah, metode pengajaran terbaru dan kurikulum. Begitu pula di twitternya @gurukreatif ini  senantiasa memunculkan barisan pemikiran, ide segar yang tak terpikirkan oleh para guru pada umumnya terlampau sibuk mengajar sampai lupa berbagi melalui tulisan.

3.  Rajin-rajin juga membaca berita seputar teknologi
Anda bisa berkunjung ke website Pusat Teknologi terkait perkembangan teknologi terkini. Website ini sangat user-friendly sehingga bagi guru yang awam pun mudah mencari informasi yang dibutuhkan.

4.  Mulailah beraktifitas mengajar menggunakan teknologi yang ada.
Setelah membaca ulasan artikel-artikel terkait pemanfaatan teknologi di website seperti Guraru ataupun Pusat Teknologi tadi kita bisa mempraktekkan penggunaan teknologi yang ada untuk belajar. Misalnya saja bila kita mempunyai handphone yang memiliki perekam suara kita bisa merekam dialog drama siswa.

5.  Bergabung dengan komunitas blogger. 
ngawur.org
Saat ini banyak sekali komunitas blogger di Indonesia seperti Blogger Bekasi(BeBlog), Blogger Nusantara dan Komunitas Blogger Jawa Timur (Ngawur). Bergabung di komunitas blogger adalah salah satu cara agar anda tetap update informasi terbaru dari para blogger yang sangat peka sekali menangkap fenomena yang terjadi di bidang teknologi, sains, pendidikan, agama, sastra, politik, entertainment dan banyak hal seru lainnya. Apalagi saat ini keberadaan blogger sudah sangat diperhitungkan banyak kalangan.

6.  Mulailah beraktifitas di sosial media (facebook,blog,twitter) secara sehat.
Kehadiran guru di dunia online jelas memberi dampak positif pada perkembangan konten-konten bermutu di dunia online karena selama ini lebih banyak berseliweran konten-konten tidak mendidik seperti kekerasan dan pornografi. Menjadi tugas guru untuk melahirkan konten-konten kreatif yang mendidik dan intelek. Guru bisa membaca web Internet Sehat terkait penggunaan sosial media secara sehat.

7.  Hadiri seminar terkait teknologi pendidikan dan perkembangan dunia digital.
Sesekali cobalah hadir di seminar-seminar terkini terkait perkembangan teknologi khususnya untuk pendidikan. Di kegiatan ini kita bisa bertemu banyak orang untuk sharing masalah dunia pendidikan dan perkembangan teknologi. Komunitas yang biasanya rajin mengadakan event seperti ini contohnya: IGI Bekasi, Akademi Berbagi, Internet Sehat yang sering mengadakan seminar terkait penggunaan teknologi dan sosial media untuk guru khususnya.

Semoga beberapa tips tadi bermanfaat dan semakin banyak guru bersemangat menjadi bagian Guru Era Digital. Karena suka atau tidak suka, anak-anak murid kita besar di era digital, sehingga para guru sebisa mungkin menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Para guru juga harus tetap mendampingi dan mengarahkan muridnya agar bisa memanfaatkan teknologi secara sehat demi masa depan Indonesia yang lebih baik.


4 comments:

  1. Thanks banget kunjungan-nya! Menulis itu memang tidak mudah ya,

    ReplyDelete
  2. Mantab neh artikel review nya...
    semoga menang yaaa

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bgt kalo menang. Kalo gak menang jg teteup happy hehe

    ReplyDelete