Wednesday 24 February 2010

41 Tahun Dunia Belajar Bersama SESAME STREET


Warga dunia mana yang tidak mengenal program televisi anak Sesame Street yang sudah menemani anak-anak seluruh dunia hampir kurang lebih 41 tahun lamanya (1969-2010). Sampai detikpun ini sepertinya belum ada yang ada dapat menyaingi kepopuleran program televisi anak Sesame Street. Walaupun di era millenium ini telah banyak program acara televisi anak diproduksi seperti program acara televisi anak Barney, Teletubbies ,Tweenies, Fimbles, Fifi and Flowertots. Sesame Street yang merupakan program acara anak dari Amerika Serikat dinilai telah berhasil menggabungkan pendidikan dan hiburan (edutainment). Melalui acara Sesame Street anak-anak tidak hanya diajak belajar membaca , berhitung dan bernyanyi saja tapi juga belajar mengenai banyak hal tentang lingkungan sekitarnya. Anak-anak juga dikenalkan bagaimana bersikap dan bersosialisasi dengan baik dengan orang-orang sekitar. Untuk itulah pembuatan program acara anak Sesame Street ini juga melibatkan peran serta ahli psikologi anak dan para pendidik sehingga acara ini sesuai dengan kondisi kejiwaan anak dan kurikulum pendidikan anak.

Sesame Street telah menjadi acara favorit saya sejak SD sekitar tahun 1990-an. Dari acara Sesame Street-lah saya belajar banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Faktor inilah yang kemudian menjadi alasan utama mengapa saya begitu menyukai bahasa Inggris dan tertarik dengan metode pembelajaran bahasa Inggris kreatif untuk anak-anak. Terkadang saya suka kangen dengan tingkah lucu Elmo, kepintaran Big Bird, kejahilan Ernie dan sosok drakula yang suka sekali berhitung Mr.Count Dracula (mereka berempat ini adalah karakter Muppet di Sesame Street favorit saya). Alhamdulillah, beruntung sekali sekarang saya bisa menyaksikan episode-episode terbaru Sesame Street di YouTube dan “Wow!” ternyata begitu banyak perubahan terjadi di Sesame Street versi zaman sekarang.

Beberapa tokoh utama di Sesame Street memang tidak berubah seperti Elmo, Big Bird, Snuffy, Erni, Bert, Monster Cookies, Grover, Kermit, Count Dracula dan Zoe. Dan sekarang ini Sesame Street sering menghadirkan tokoh-tokoh terkenal dunia untuk menjadi bintang tamu di Sesame Street. Satu waktu saya sempat melihat ada cuplikan episode Elmo menyanyi bersama Adam Sandler. Ada juga cuplikan episode dimana Kofi Annan dari PBB menyanyikan lagu “The Alphabet Song” bersama Zoe dkk dan saya perhatikan Kofi Annan tidak begitu hafal dengan lirik lagu Alphabet sOng he..he..he.

Bagi teman-teman yang pernah merasakan tumbuh bersama Sesame Street dan ingin melihat seperti apa Sesame Street sekarang ini bisa dilihat langsung di YouTube Sesame Street atau websitenya http://www.sesamestreet.org/.

Lalu coba pilihkan episode cerita Sesame Street yang bagus untuk ditonton bersama adik atau anak anda. Oke, Selamat belajar bersama Sesame Street ya!

No comments:

Post a Comment