Berikut ini RPP/Lesson Plan terkait dengan pengenalan bentuk teks fungsional pendek seperti poster.
|
I. Tingkat : SMA
Mata Pelajaran/Skill : Bahasa Inggris/Writing
Kelas/Semester : XI/I
II. Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
III. Standar Kompetensi : Menulis
1.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional
pendek dan esei
sederhana
Narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
IV. Kompetensi Dasar
1.
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner,
poster, pamphlet, dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
V. Indikator
1. Mengidentifikasi
jenis teks fungsional pendek pada
poster.
2. Menjelaskan
struktur pada bagian-bagian poster.
3. Menghasilkan teks fungsional pendek pada poster.
VI. Tujuan
Pembelajaran
· Siswa
dapat mengidentifikasi makna
dalam teks fungsional
pendek pada poster.
·
Siswa dapat menunjukkan struktur pada
bagian-bagian poster.
·
Siswa dapat menghasilkan teks fungsional
pendek pada poster.
VII. Materi Pokok
Penjelasan tentang Teks fungsional
pendek pada poster bertema “Go Green”
VIII. Metode
Pembelajaran/Teknik: Three-phase
technique
IX. Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya
jawab mengenai pengetahuan siswa seputar informasi mengenai poster.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Kegiatan
Inti (60’)
§ Guru menjelaskan tentang poster,bagian-bagian
poster & cara menulis poster dgn presentasi power point.
§ Siswa membaca contoh teks fungsional pendek pada poster bertema “Go
Green”.
§ Siswa merespon isi teks dengan menjawab
pertanyaan.
§ Siswa mengidentifikasi
langkah-langkah pembuatan teks fungsional
pendek pada poster.
·
Kegiatan
Akhir (20’)
§ Siswa
membentuk kelompok dan menghasilkan teks
fungsional
pendek
pada poster bertema “Go Green”.
X. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku paket ‘English Alive for Grade XI Senior
High School’
·
Materi presentasi powerpoint ttg Poster
·
Internet: savetheworld-gogreen.blogspot.com
XI. Penilaian
·
Teknik: Tulisan
·
Bentuk: Latihan Tertulis
·
Bentuk Penilaian
No
|
Aspek yg dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Content Creativity
|
||||
2
|
Language (grammar,vocabulary)
|
||||
3
|
Relevance
|
||||
Jumlah
|
Keterangan Nilai:
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik
Kriteria penilaian dapat
dilakukan sebagai berikut :
Skor maksimal : 4x3=12
Penentuan nilai: Nilai siswa = Skor
diperoleh x 100
Skor maksimal
Jakarta ,..............
2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
there is no scoring criteria? I mean when student get 4 in creativity, and what make different with student make 3 in creativity?
ReplyDeleteI just realized it. Thank you for asking. I'll find out more about this. Thanks! :)
DeleteI wish it was like this when I was in high school #LOL
ReplyDeleteNice post.