Friday, 11 January 2013

Lesson Plan : How To Write a Good Poster

Berikut ini RPP/Lesson Plan terkait dengan pengenalan bentuk teks fungsional pendek seperti poster.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I. Tingkat                                  : SMA
    Mata Pelajaran/Skill             : Bahasa Inggris/Writing
    Kelas/Semester                   : XI/I

II. Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit

III. Standar Kompetensi :  Menulis
1.      Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei sederhana
Narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IV. Kompetensi Dasar

1.      Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

V. Indikator
1.      Mengidentifikasi jenis teks fungsional pendek pada poster.
2.      Menjelaskan struktur pada bagian-bagian poster.
3.      Menghasilkan teks fungsional pendek pada poster.

VI. Tujuan Pembelajaran
·   Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek pada poster.
·         Siswa dapat menunjukkan struktur pada bagian-bagian poster.
·         Siswa dapat menghasilkan teks fungsional pendek pada poster.

VII. Materi Pokok
Penjelasan tentang Teks fungsional pendek pada poster bertema “Go Green”          
                                           
 


VIII. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

IX. Langkah-langkah Kegiatan
    • Kegiatan Awal  (10’)
§ Tanya jawab mengenai pengetahuan siswa seputar informasi mengenai poster.
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·         Kegiatan Inti (60’)
§  Guru menjelaskan tentang poster,bagian-bagian poster & cara menulis poster dgn presentasi power point.
§  Siswa membaca contoh teks fungsional pendek pada poster bertema “Go Green”.
§  Siswa merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan.
§  Siswa mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan teks fungsional pendek pada poster.

·         Kegiatan Akhir (20’)
§  Siswa membentuk kelompok dan menghasilkan teks fungsional
      pendek pada poster bertema  “Go Green”.

X. Sumber/Bahan/Alat
·         Buku paket ‘English Alive for Grade XI Senior High School’
·         Materi presentasi powerpoint ttg Poster
·         Internet: savetheworld-gogreen.blogspot.com

XI. Penilaian
·         Teknik: Tulisan
·         Bentuk: Latihan Tertulis
·         Bentuk Penilaian

No
Aspek yg dinilai
Nilai
1
2
3
4
1
Content Creativity





2
Language (grammar,vocabulary)




3
Relevance







Jumlah





Keterangan Nilai:
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik


Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal : 4x3=12
Penentuan nilai: Nilai siswa = Skor diperoleh x 100
                                                 Skor maksimal


                                                                                                Jakarta ,.............. 2012
            Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



3 comments:

  1. there is no scoring criteria? I mean when student get 4 in creativity, and what make different with student make 3 in creativity?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I just realized it. Thank you for asking. I'll find out more about this. Thanks! :)

      Delete
  2. I wish it was like this when I was in high school #LOL
    Nice post.

    ReplyDelete