Sunday 13 June 2010

Siapa Berani Membuat Web Edukasi Interaktif Untuk Anak Indonesia?



Pada awalnya sekitar 3 bulan lalu saya bermaksud mencari bahan penelitian mengenai pengaruh negatif dunia online terhadap anak dan upaya pencegahannya. Dari informasi yang saya dapatkan bisa diambil kesimpulan bahwa kita perlu juga memberi perhatian pada keberadaan website khusus untuk anak-anak. Saya pun mencoba mencari web-web dalam negri yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Hasilnya, saya hanya menemukan beberapa web saja itupun tampilan webnya masih biasa sekali dan sangat tidak interaktif.
Coba kita bandingkan dengan web-web dari luar negri yang menyajikan begitu banyak variasi website untuk anak. Umumnya website untuk anak yang sarat dengan muatan edukasi ini web buatan US dan UK dengan bahasa penyajiannya bahasa Inggris tentunya. Jujur saya iri sekaligus salut dengan kepedulian orang luar negri terhadap pendidikan anak-anak sehingga merekapun benar-benar total menyajikan web edukasi yang kaya pengetahuan.
Hey, lalu kenapa di Indonesia tidak ada web edukasi yang interaktif dan kreatif untuk anak-anak Indonesia? Padahal sepengetahuan saya ahli-ahli bidang IT di Indonesia tidak kalah dengan ahli IT luar negri. Apalagi sudah banyak juga web programmer,web designer handal yang go internasional. Apakah mungkin mereka terlalu asyik dengan proyek-proyek komersial mereka? Padahal membangun web edukasi (yang merupakan investasi berharga bagi dunia pendidikan dan perkembangan anak kedepan) dapat pula menghasilkan keuntungan finansial bila dikelola secara baik. Walau poin utama tetap konsisten untuk mendidik dan memberi pengetahuan pada anak-anak.   
Oke sambil menunggu perkembangan website edukasi untuk anak Indonesia lebih lanjut kita bisa kunjungi website-website anak buatan luar negri sebagai bahan referensi. Karena siapa tahu saja mungkin ada pembaca yang tertarik ingin membangun website edukasi untuk anak Indonesia. Ayo siapa berani ambil tantangan ini?
BBC yang merupakan stasiun berita terbesar di Inggris dan juga dunia ternyata mempunyai kepedulian besar pada dunia pendidikan anak. Salah satunya dengan adanya saluran TV Cbeebies yang diperuntukkan bagi anak-anak usia preschool dan sekolah dasar. Website Cbeebies pun menarik untuk dikunjungi anak karena tampilan halaman depan website sangat interaktif dan mudah bagi anak-anak  memilih kegiatan seru seperti: Play Game,Song Time,Make & Color,Story Time,Watch & Listen.
Dari nama web ini sudah terbaca bahwa web ini mengajak anak-anak belajar menghargai alam sekitar dan mengajak anak-anak untuk menjaga dan menyelamatkan bumi. Menurut saya web ini sangat menarik karena gambar yang menjadi background web adalah lukisan anak-anak bertema alam. Saya yakin anak-anak akan semakin cinta bumi setelah mengunjungi web ini apalagi alunan lagu tentang Bumi “Promise Song” di web ini sangat bagus “The earth as my home I promise to keep it,…”
Web ini sangat menarik untuk dikunjungi anak-anak karena disini anak bisa bermain sambil mengenal Islam. Begitu banyak edugames seperti picture puzzle,wordsearch puzzles,Islamic Quiz yang berhubungan dengan dunia Islam.
Dihalaman web depan kita akan disambut oleh dua karakter kartun hewan lucu bernama Boowa dan Kwala. Menurut saya sajian animasi di web ini sangat-sangat brillian. I Love It! Keren banget penyajian menu-menu interaktifnya. Saya paling suka menu “94 Song”. Disini kita akan menemukan sekitar 94 lagu dengan melodi riang khas anak-anak dengan lirik yang lucu-lucu.  
Anak-anak pasti ingin merasakan petualangan ke luar angkasa raya. Web ini menyajikan banyak pengetahuan tentang perjalanan luar angkasa. Sangatlah seru bisa melihat bagaimana kondisi luar angkasa dan juga melihat para astronot bersiap-siap ke bulan. Permainan seru seputar dunia antariksa di NASA pun bisa sangat menghibur dan menambah pengetahuan anak mengenai dunia antariksa.


5 comments:

  1. tulisan ini semoga dapat menggugah hati para ahli programmer, web disign untuk membuat web edukasi untuk anak, agar anak-anak indonesia dapat belajar tidak hanya dalam sekolah tetapi dala dunia maya juga........

    ReplyDelete
  2. semoga dengan tulisan ini dapat menggugah hati para ahli programmer, disign web sehingga dapat membuat web edukasi untuk anak-anak indonesia. jadi anak-anak Insonesia dapat belajar dari dunia maya......

    ReplyDelete
  3. Untuk membuat web edukasi interaktif memang tidak mudah. Selama ini kebanyakan personal web lebih mengarah pada kritik, kuliner dan pengalaman pribadi atau sering disebut diary online. Kita tunggu saja siapa yang mau jadi pionir untuk membuat web edukasi interaktif.

    ReplyDelete
  4. web edukasi interaktif ya? klo dari segi programmer saya yakin indonesia gak kalah kok :) masalahnya interaktif biasanya berkaitan dengan space web dan bandwith, baik dari sisi hosting maupun bandwith user untuk mengakses.

    ReplyDelete