Wednesday 3 March 2010

Menjiwai Keindahan Botanical Art



Setahun belakangan ini saya baru menyadari bahwa seni menggambar tumbuh-tumbuhan dan bunga yang populer dengan sebutan Botanical Art ternyata sudah begitu dikenal masyarakat dunia. Di negara maju seperti Amerika Serikat misalnya sudah ada perkumpulan para Botanical Artist dan mereka juga sudah sering menyelengggarakan pameran bersama. Selain itu para Botanical Artist ini membuka kelas untuk workshop Botanical Art bagi masyarakat yang ingin belajar seni ini. Dan yang sangat menarik adalah kelas workshop Botanical Art ini tidak diselenggarakan dalam satu ruangan studio tertutup tapi berada ditengah-tengah keindahan taman kota atau bahkan di pusat konservasi tanaman langka. Ide yang sangat-sangat brillian! Karena saya pribadi pernah merasakan betapa menyenangkannya menggambar di luar ruangan dengan obyek tumbuh-tumbuhan. Setiap goresan sketsa yang kita buat menjadi terasa begitu nyata dengan melihat langsung detail obyek tumbuhan/bunga yang ada dihadapan kita. Nilai positif lainnya adalah kitapun jadi semakin cinta dengan tumbuh-tumbuhan dan dari rasa cinta itulah timbul rasa peduli akan keberadaaan lingkungan yang asri dan hijau.

Botanical Art memang telah menjadi bagian penting dunia biologi sejak lama. Para ilmuwan dan juga masyarakat sangat terbantu dalam mempelajari dan mengenal keanekaragaman tumbuhan dan bunga aneka warna melalui Botanical Art yang hadir dalam buku-buku biologi. Di era modern ini Botanical Art berkembang luas dalam bentuk medianya. Botanical Art tidak hanya dapat kita temui dalam buku-buku diktat biologi saja tapi juga telah hadir dalam media kanvas lukisan, piring-piring porselen, kartu pos, poster, kaos dll. Di Indonesia sejauh ini saya baru mengenal Kedaung (salah satu produsen glassware) yang telah mengeluarkan seri piring porselen berlukiskan bunga-bunga langka khas Indonesia seperti bunga Seroja. Menurut saya gambar bunga yang ada di piring-piring porselen itu sangat indah. Saya pun secara tidak langsung belajar mengenai jenis-jenis bunga langka khas Indonesia melalui piring-piring cantik ini.Gambar selengkapnya bisa dilihat di website KedaungGroup.

Saya sendiri telah tertarik melukis tumbuhan dan bunga sebagai obyek lukisan sudah sejak lama. Tumbuhan dan bunga itu sangat menarik untuk dilukis karena mereka itu sangat meneduhkan, karya warna dan terlihat begitu alami. Sayangnya saya jarang sekali menggambar jadi hanya sesempatnya saja. Lukisan yang paling bagus yang pernah saya gambar baru satu yaitu lukisan berjudul “SunFlower”. Saya sebenarnya ingin sekali memperdalam Botanical Art ini tapi bingung juga mencari gurunya. Untuk saat ini saya mencoba otodidak saja dulu. Buat teman-teman yang juga tertarik dengan Botanical Art ini dapat mengunjungi salah satu blog yang dikelola oleh Linda C. Miller salah seorang Botanical Artist asal Virginia,USA atau website yang berisi info workshop Botanical Art di http://artplantaetoday.com. Buku-buku impor terkait Botanical Art juga sudah beredar cukup banyak di di luar negri. Salah satu cover bukunya menjadi foto tulisan saya ini. Covernya saja cantik apalagi isi buku didalamnya pasti lebih cantik. Ok, Happy Drawing People!

1 comment:

  1. Wah jadi inget anakku yang suka banget nggambar apa saja, lagunya juga mirip dengan lagu kesukaan anakku

    Jangan-jangan ini anakku ya?

    Wakakaka....

    Di belakang rumahku juga ada Botanical Garden, tempat ajang para Blogger membuktikan kecintaannya pada pohon.

    Salam

    ReplyDelete