Saturday 13 June 2015

Mencicipi kelas international di MOOC Coursera program "Shaping The Way We Teach English" dari University of Oregon, USA


Awalnya saya sama sekali tidak tahu apa itu MOOC. Saya baru paham setelah mba Nadiah Abidin (teman yg aktif sbg pengajar di Cahaya Anak Negeri Bekasi) memberitahu tentang keikutsertaannya di MOOC Coursera melalui program "Shaping The Way We Teach English".

MOOC merupakan kepanjangan dari "Massive Open Online Course" atau bisa diartikan sebagai sistem pembelajaran berupa kursus online yg bisa diakses oleh banyak orang dari seluruh dunia melalui web. MOOC merupakan perkembangan terbaru dalam pendidikan jarak jauh (e-Learning).

Dan salah satu penyelenggara MOOC yg sudah sangat dikenal oleh para pendidik & peneliti seluruh dunia adalah Coursera. Coursera membuka program kursus online yg berkaitan dgn pengembangan pengajaran bahasa Inggris, salah satunya adalah "Shaping The Way We Teach English".

Program "Shaping The Way We Teach English" merupakan hasil kerja sama Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS, University of Oregon dengan Cousera.
Program "Shaping The Way We Teach English" terbagi menjadi dua seri.
Seri pertama: "The Landscape of English Language Teaching", dan Seri kedua : "Paths to Success in English Language Teaching". Setiap seri berlangsung selama 5 minggu.


Berikut ini isi silabus program "Shaping The Way We Teach English" :

Part 1:  The Landscape of English Language Teaching 

Week 1: Authentic materials and realia that really motivate learners; project overview, introductions; initial course survey
Week 2: Using pair and group work for collaborative learning to make your class more communicative; Phase 1 lesson plan is due
Week 3: Critical and creative thinking to drive learning; Phase 1 peer and self-evaluations are due
Week 4: Learner feedback and assessment; using formative feedback to evaluate student progress; Phase 2 lesson plan is due
Week 5: Language in context; using content to structure language learning; Phase 2 peer and self-assessments are due; course evaluation

Part 2: Paths to Success in English Language Teaching 
Register for & view course: https://www.coursera.org/course/shaping2paths
Week 1: Integrating skills and using tasks to motivate learners; project overview, introductions
Week 2: Alternative assessment that shows what learners can do with language; lesson plan phase 1 is due
Week 3: Incorporating individual learning differences in instruction; peer and self-evaluations are due
Week 4: Ideas for effective classroom management; final lesson plan is due
Week 5: Improving practice with reflective teaching; final peer and self-evaluations are due.

Bagi peserta yg mampu menyelesaikan kursus online ini akan menerima surat pernyataan kelulusan dari Departemen Luar Negeri AS dan University of Oregon dalam bentuk digital yg dapat diunduh dan dicetak dari web Coursera.

Berikut "Statement of Accomplishment" yang saya terima dari Coursera :



  • Keistimewaan program kursus online "Shaping The Way We Teach English"
-Isi dari program kursus online "Shaping The Way We Teach English" disusun & dikelola oleh para ahli pendidikan pengajaran bahasa Inggris dari University of Oregon yaitu Dr. Deborah Healey, Jeff Magoto, & Dr. Elizabeth Hanson-Smith
-Program kursus online ini gratis dan bisa diakses oleh seluruh penduduk dunia.

-Pihak University of Oregon menyediakan materi berupa video, kuis interaktif dan buku modul digital yang sangat bagus untuk dikaji para pendidik.


-Forum diskusi yang disediakan sangat interaktif dan kita akan menemukan banyak ide baru, sharing pengalaman dan tips mengajar dari para pendidik seluruh dunia.



  • Tips sukses "Shaping The Way We Teach English"
-Sebisa mungkin kita menyediakan waktu sekitar 4-6 jam dlm seminggu untuk online di Coursera.
-Pastikan koneksi jarungan internet kita stabil agar dapat mengunduh file materi dlm bentuk pdf dan video dlm format mp4.

-Rajin-rajinlah mengecek e-mail agar kita tidak ketinggalan informasi terbaru dari Coursera. Karena secara rutin akan ada e-mail pemberitahuan jadwal pemberian materi dan tugas dari Coursera terkait program "Shaping The Way We Teach English".
-Di awal program kita pasti bingung harus memulai dari mana, yg bisa dilakukan adalah dengan klik bagian "To do list" per minggu lalu diprint agar mudah dibaca.


-Umumnya yg kita lakukan tiap minggu adalah melihat video materi lalu menguji pemahaman melalui kuis. Kemudian kita wajib  membaca referensi dari modul yg telah diunduh sebelumnya. Setelah paham kita dapat mengikuti forum diskusi dimana akan ada pertanyaan terkait video dan modul yg kita baca. Partisipasi aktif kita dlm menjawab kuis dan di forum diskusi akan menentukan hasil penilaian dari University of Oregon.
-Jika masih menemui kesulitan dlm penggunaan fasilitas web Coursera kita bisa bertanya langsung ke staff melalui forum yg telah disediakan. Mereka pasti dengan senang hati membantu.
-Bergabung di grup facebook program kursus online "Shaping The Way We Teach English" https://www.facebook.com/groups/351322221728307/ yg dibuat langsung oleh mba Nadiah Abidin peraih beasiswa E-teacher Online Scholarship dari University of Oregon. Disini kita bisa sharing dgn teman-teman dari Indonesia yg juga sedang mengikuti kursus yg sama.



-Ada kalanya kita merasa kewalahan dgn tugas yg diberikan jadi cobalah motivasi diri kita bahwa kursus online ini akan membawa angin segar bagi metode pengajaran di kelas kita.

  • Fakta menarik dari "Shaping The Way We Teach English"
-Di minggu ke 3 peserta kursus akan mendapatkan tugas membuat lesson plan dan nantinya lesson plan ini akan dikoreksi oleh peserta lainnya yg berasal dari negara lain (peer evaluation).


-Dari pengalaman mengoreksi Lesson plan para peserta dari negara lain, secara tidak langsung kita belajar tentang budaya dan juga metode pengajaran bahasa Inggris dinegara tersebut.
-Forum diskusi "Shaping The Way We Teach English" banyak diisi oleh pendidik dari negara Amerika Selatan (Brasil,Meksiko,Argentina).

Secara keseluruhan manfaat dari program ini adalah untuk mempertajam kualitas dan keahlian kita dalam pengajaran bahasa Inggris. Apalagi dgn topik bahasan berbeda tiap minggunya membuat kita otomatis mengevaluasi metode, bahan, dan aktivitas kelas yg  selama ini kita terapkan di kelas. 

Proses mengamati aktifitas kelas bahasa Inggris dr banyak negara melalui video dan sharing pengalaman dengan para pendidik seluruh dunia menjadikan kursus online "Shaping The Way We Teach English" tempat belajar yg sangat berharga.



TAMBAHAN:

Pihak RELO (The Regional English Language Office) Jakarta juga turut mendukung program "Shaping The Way We Teach English" dengan mengadakan pertemuan di @america Pacific Place. Berikut salah satu video dari diskusi terakhir program "Shaping The Way We Teach English" dengan topik tentang: Assesment and Learner Feedback
Sumber video : http://www.atamerica.or.id/video/detail/1269/iLearnamerica-Shaping-The-Way-We-Teach-English-Session-4


Watch live streaming video from at_america at livestream.com

No comments:

Post a Comment