Saturday 7 February 2015

Temukan Keberagaman Budaya (Bahasa dan Sastra) Negara-negara ASEAN di “ASEAN Literary Festival 2015” (15-22 Maret 2015 di Jakarta)



http://www.aseanliteraryfestival.com/index.php

Akhir-akhir kita seringkali mendengar banyak hal terkait ASEAN Community 2015 ataupun  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dari berita di media massa ataupun di forum-forum diskusi publik. Biasanya yang dibahas itu tentang upaya mempersiapkan bangsa Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan menjawab tantangan yang akan muncul nantinya. Walau terkesan lebih pada bagaimana cara memenangkan persaingan dibandingkan bagaimana membina hubungan antar negara ASEAN menjadi lebih solid.

Tapi harus kita akui  MEA 2015 adalah suatu momentum yang sangat besar dan kita bangsa Indonesia memang harus mengenal lebih dekat negara-negara satu kawasan di Asia Tenggara. Selama ini kita hanya mengenal Malaysia dan Brunei karena kedekatan akar budaya dengan Indonesia. Lalu bagaimana dengan negara ASEAN lain seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Singapura dan Timor Leste? Apakah kita sudah cukup mengenal negara tetangga kita ini?

Nah, supaya tidak kudet alias kurang update informasi tentang negara-negara ASEAN kita bisa berkunjung ke “ASEAN Literary Festival 2015” di Jakarta. Disana kita dapat mengenal lebih dekat negara-negara ASEAN melalui karya-karya sastra yang dibuat oleh para sastrawan dari negara-negara ASEAN. 

Untuk tahun 2015 “ASEAN Literary Festival (ALF)” mengambil tema tentang “Question of Conscience”. Menurut Direktur ALF, Abdul Khalik tema ini dipilih sebagai respons atas dinamika global dan perkembangan zaman, utamanya terkait dengan laju konsumerisme dan perkembangan teknologi informasi. Serta bagaimana sastrawan dan karya sastra ASEAN dan Asia pada umumnya menghadapi perubahan yang ada. Sehingga pertanyaan besar yang muncul adalah masihkah karya sastra menjadi suara hati nurani dalam memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan? Nah, untuk tahu jawabannya kita perlu datang langsung ke “ASEAN Literary Festival 2015” bulan Maret nanti.

            Berdasarkan press release yang saya dapatkan dari ALF setidaknya akan hadir lebih dari 20 negara dari ASEAN dan non ASEAN akan turut berpartisipasi dalam ALF. ALF kali ini akan menghadirkan penulis, seniman, akademisi, penerbit dan insan film.

Selain itu acara ALF tahun ini akan digelar lebih lama yaitu selama 8 hari (15-22 Maret 2015) dan tentunya dengan rangkaian acara yang lebih beragam, mulai dari acara diskusi, workshop, pentas seni sampai ASEAN film screening dimana akan ditayangkan film-film terpilih dari masing-masing negara. Ada juga Literary Trip yang akan membawa peserta dan publik ke tempat-tempat penting dan bersejarah dalam perkembangan sastra Indonesia. Kalau bagi saya acara hari ke 7 dan ke 8 sangatlah menarik karena akan ada Frankfurt Book Fair dan Meet Publishers, dimana kita bisa bertemu langsung dengan orang-orang penting penerbitan.

 photo c638a81f-d9ea-4606-ad37-8d1f0da6810d_zpsf60532c8.jpg

Festival ini juga akan diisi dengan penyerahan penghargaan ASEAN Literary Award kepada sastrawan ASEAN yang konsisten memperjuangkan kebebasan, keadilan, dan kemanusiaan melalui karyanya. Wah, acara ini pastinya akan menjadi acara festival sastra yang sangat menarik. Kapan lagi kita bisa mengenal lebih dekat keragaman budaya negara ASEAN dengan cara yang menyenangkan dan menghibur melalui ASEAN Literary Festival 2015.

Bagi yang ingin datang ke ASEAN Literary Festival 2015 bulan Maret nanti segera cari informasi dan lihat jadwal lengkap acaranya yang sudah ada di website ASEAN Literary Festival 2015: 
http://www.aseanliteraryfestival.com/?page=archive&jenis=2014_Programs

Atau bisa juga update terus informasinya melalui akun twitternya:  https://twitter.com/aseanlitfest 


3 comments:

  1. Aku juga tertarik banget dengan acara ini. Pengen banget datang... Udah dari jauh hari nandain poster ini sebagai favorit di twitter. Terima kasih infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk kita :D. Aku jg nunggu bgt festival setahun sekali ini,

      Delete