Thursday 12 December 2013

"Academic Arisan" Tempat Sharing Guru Bahasa Inggris Masa Kini

Saya (baju ungu) bersama pengurus Academic Arisan

Saya pertama kali mendengar nama komunitas "Academic Arisan" atau biasa disingkat AA sekitar 2 tahun lalu. Saya ingat saat itu AA sedang mengadakan pertemuannya di kampus Uhamka terkait penerapan kurikulum KTSP 2006. Sayangnya, dulu itu jadwal kuliah saya super padat.  Terutama kalau di hari sabtu saya biasa kuliah dari pagi sampai malam. Padahal dalam hati  ingin sekali hadir ke forum AA. 

Saya baru bisa datang ke AA sekitar setahun lalu setelah tidak ada lagi jadwal kuliah di hari sabtu. Dan ternyata sekalinya datang ke pertemuan AA sangatlah berkesan dan dashyat efeknya! Selalu ada semangat baru dan ilmu baru terkait teknik mengajar kreatif yg nantinya bisa dipraktekkan di kelas masing-masing. 

Oya yang datang ke AA itu tidak hanya para guru bahasa Inggris tingkat TK,SD,SMP,SMA tapi juga guru dari lembaga kursus, guru privat, mahasiswa dan dosen juga ada. Menurut saya inilah uniknya AA yang sangat welcome dgn guru bahasa inggris dari berbagai level. Selain itu topik-topik yg dihadirkan di workshop AA memang sangat dibutuhkan oleh para guru bahasa Inggris. Contohnya tentang bagaimana belajar Grammar yang fun, bagaimana memacu motivasi siswa untuk semangat belajar bahasa Inggris sampai tentang perkembangan terbaru dunia pendidikan. Apalagi pembicara-pembicara yg dihadirkan sangat kompeten di bidangnya. Salah satu yang pernah hadir sebagai pembicara adalah ibu Itje Choditjah.

Berikut ini wawancara singkat saya dengan ibu Atik selaku ketua Academic Arisan tahun 2013.
  

1.Bagaimana awal terbentuknya Academic Arisan ?
Pada awalnya di tahun 2004 The Regional English Language Office (RELO) mengadakan pertemuan guru-guru bahasa Inggris. Namun tahun 2009 kegiatan itu terhenti. Sangat disayangkan memang karena kami ingin tetap bisa saling sharing banyak hal. Kamipun berinisiatif untuk melanjutkan pertemuan tersebut dalam bentuk lain,yaitu Academic Arisan.

2. Mengapa diberi nama 'Academic Arisan?
Di waktu awal-awal pertemuan itu jumlah anggotanya masih sedikit. Jadi saat akan menentukan siapa yang akan menjadi presenter/pemberi materi kami mengocok namanya, layaknya seperti Arisan saja. Jadilah kamipun menyebut forum ini “Academic Arisan”.

2.Apa tujuan dibentuknya Academic Arisan?
Dibentuknya AA tujuannya tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan mengajar bahasa Inggris tapi juga membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Karena di forum ini para guru diberikan kesempatan untuk bebas berekspresi dalam bahasa Inggris dengan rekan se-profesi.

3.Apakah akan ada program-program baru Academic Arisan kedepannya?
Kedepannya AA ingin mengadakan program 'AA Goes To School' dimana AA bisa memberikan training bagi para guru bahasa Inggris di sekolah-sekolah.

Demikian interview singkat saya dengan ibu Atik. Bagi anda yang mungkin  tertarik dengan forum ini bisa mengunjungi link Academic Arisan di grup facebook berikut ini:

No comments:

Post a Comment