Thursday 24 September 2009

Era Berekspresi Digital di Indonesia ICT Awards 2009

Postingan mengenai berita Indonesia ICT Awards 2009 seharusnya saya publish bulan Agustus lalu. Tapi berhubung kesibukan saya yang tak terelakkan terpaksa baru kali ini saya posting. Selamat menikmati liputannya ya! Semoga tahun depan teman-teman dunia digital kreatif bisa turut serta meramaikan Indonesia ICT Awards 2010! Hidup Dunia Digital Kreatif Indonesia!

Puncak kompetisi Indonesia ICT Awards 2009 telah sukses digelar 28- 29 Juli 2009 lalu di Jakarta Convention Center. Indonesia ICT Awards 2009 berhasil menjaring nominasi-nominasi terbaik dan kreatif dari seluruh para penggiat teknologi informasi & komunikasi di tanah air. Sesuai dengan tema tahun ini “Digital Creative for Nation Building & Creative Generation for Creative Economy” dipersembahkan untuk kemajuan teknologi informasi & komunikasi di tanah air melalui kreatifitas digital para generasi muda Indonesia. Acara yang didukung sepenuhnya oleh Departemen Komunikasi & Informatika ( Depkominfo) memperlombakan setidaknya 14 Kategori yaitu : Kategori e-Government, Kategori e-Business-Enterpises, Kategori e-Business-KUKM,e-Learning, Kategori Digital Animation, Digital Interactive Media, Kategori Computer General Imaginery, Kategori Tools & Infrastructure, Kategori Research & Development, Open Source System, Kategori Student Project-SD, Kategori Student Project-SMP, Kategori Student Project-SMA, dan Kategori Student Project-University.

Masyarakat umum sendiri dapat melihat langsung karya kreatif anak bangsa ini di masing-masing stand pameran. Pengunjung pameran yang datang tak henti-hentinya berdecak kagum akan kejeniusan para generasi muda Indonesia dalam menghadirkan inovasi teknologi. Apalagi saat tiba di Lower Lobby Jakarta Convention Center pengunjung dapat menonton gratis film-film animasi pendek buatan generasi muda Indonesia. Salah satu tokoh film animasi yang cukup menarik perhatian adalah super hero bernama Hebring yang punya hobi makan bakso.

Selama dua hari di Indonesia ICT Awards 2009 juga menyelenggarakan Konferensi INAICTA 2009 bertema "DIGITAL CREATIVE FOR NATION BUILDING" yang menghadirkan tokoh-tokoh penting dunia teknologi informasi & komunikasi tanah air. Selain itu acara-acara workshop seputar dunia teknologi kreatif juga meramaikan rangkaian acara Indonesia ICT Awards 2009. Dihari pertama saja (28/07/09) digelar Workshop Blog: Ranjau-ranjau Dunia Blog, Workshop Robot: Robot for Kids, Workshop Blog: Ranjau-ranjau Facebook, Workshop OSS Game Online: Membuat Game 3D dengan Engine Game AngelLite dan DJUS II - Karya Digital Nasional di Level Internasional. Sedangkan hari kedua (29/07/09) tidak kalah seru menghadirkan Workshop Animasi: Meraih Mimpi dan Workshop Komik Digital Indonesia. Workshop-workshop yang diadakan di Indonesia ICT Awards 2009 kali ini dipenuhi oleh para mahasiswa

Dengan diadakannya acara Indonesia ICT Awards oleh Depkominfo setiap tahunnya jelas merupakan angin segar bagi insan-insan kreatif tanah air untuk terus berdenyut menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi kemajuan IT di Indonesia. (Foto@Workshop Animasi:Dok.Fitta A.)


No comments:

Post a Comment