Friday 8 May 2009

Terpesona Free Drawing Workshop



Seminggu lalu saya berkesempatan belajar menggambar bersama mbak Annisa Anwar founder Art Learning Center di area terbuka GOR Bekasi. Di pertemuan pertama ini saya belajar mengarsir dari tekanan tipis sampai super tebal. Sesi mengarsir ini bisa saya lalui dengan sangat mudah ( ya iyalah jeng ). Selanjutnya saya menggambar sebanyak-banyaknya bentuk tekstur. Saya sempat bingung membedakan antara tekstur dengan motif/pola. Kalau menurut penjelasan mbak Annisa tekstur itu belum tentu bentuk pola yang berulang sama,lalu mbak Annisa pun menunjukkan tekstur kayu yang mempunyai tekstur khas.

Setelah beres dengan bentuk tekstur mulailah saya berkeliling mencari bentuk daun-daun bagus untuk digambar sesuai permintaan mbak Annisa agar saya menggambar 10 bentuk daun. “Siiip deh!!!”. Asyik juga ya ternyata menggambar daun. Saya menjadi lebih tahu lagi bahwa bentuk dedaunan tiap pohon itu unik-unik. Salah satu bentuk daun yang cukup unik adalah daun yang saya temukan di dekat kolam Monumen Perjuangan. Pinggiran daunnya bergelombang dan berwarna merah hanya dibagian pinggir saja loh. Bentuk cabang-cabang daunnya juga terlihat sangat jelas.

Selesai menggambar bentuk-bentuk daun dilanjutkan dengan menggambar pohon yang ada di sekitar. Hanya pohon Pakis tinggi menjulang yang saya kenal sedangkan pohon-pohon lain saya tidak kenal. Akhirnya saya memutuskan menggambar pohon Pakis dan sebuah pohon rimbun disebelah kiri saya. Wuiih…ternyata ribet juga ya menggambar pohon apalagi untuk bentuk cabang dan daun-daun rimbunnya. Tapi alhamdulillah selesai juga toh dan hasil gambarnya juga bagus. Ah senangnya, saya jadi ingin menggambar lagi. Tapi sayang matahari sudah meninggi dan udara mulai terasa panas. Saatnya mengakhiri pertemuan nih. Terima kasih buat mbak Annisa yang sudah datang jauh-jauh menemui murid barunya ini. See You next week….

No comments:

Post a Comment