Thursday 26 February 2009

Permainan Kreatif Untuk Sepupu-sepupu Tersayang




Menjelang hari libur biasanya saya sekeluarga kedatangan tamu-tamu lucu ( maksudnya sepupu-sepupu saya). Umur mereka sekitar 4 tahun (Rifki) dan 7 tahun (Intan,Faiq,Fadri). Ada sedikit kisah seru sebelum sepupu-sepupu saya lahir. Saya ingat banget dulu ketika akan berangkat kuliah selalu satu angkutan umum dengan anak-anak kecil yang mau berangkat sekolah. Saat memandangi wajah mungil mereka diam-diam dalam hati saya berkata ” Ah,Seandainya saya punya adik-adik kecil pasti rasanya senang banget,”. Dan mungkin keinginan saya itu didengar Allah SWT.Sekitar tahun 2002 saudara-saudara saya yang sudah berkeluarga (saudara dari pihak ibu kandung saya) dinyatakan positif hamil. Rentang waktu kehamilan saudara-saudara saya ini tidak berjauhan hanya beda beberapa bulan saja. Subhanallah. Waktu itu rasanya saya bahagiaaa sekali. Setahun kemudian keluarga besar saya pun kehadiran 3 anggota keluarga baru sekaligus! Allahu Akbar. Alhamdulillah mereka sehat-sehat.
Nah, kini setelah sepupu saya semua sudah cukup besar mereka suka sekali bermain di rumah keluarga saya (mungkin karena tempatnya cukup luas untuk lari-lari, banyak buku bacaan dan ada komputer). Setiap mereka datang saya suka sekali mengajak mereka untuk bermain sambil belajar.

Berikut ini beberapa kegiatan yang biasanya saya lakukan bersama sepupu-sepupu saya (kegiatan ini setidaknya bisa mengalihkan mereka dari aktivitas menonton tivi yg acaranya gak mutu/dari permainan video games):
1. Membacakan cerita dari majalah anak/ dari buku cerita anak.

Sepupu saya suka sekali dibacakan cerita apalagi jika dibawakan dengan wajah ekspresif .
2. Mengajak mereka menggambar.
Yap! Anak kecil dimanapun pasti suka banget kalo disuruh menggambar dan mewarnai. Jadi saya selalu menyediakan kertas dan pensil warna. Terkadang kami juga membuat permainan tebak gambar.

3. Membuat cerita berantai.

Buat sepupu yang sudah bisa menulis dan membaca biasanya kami berkolaborasi membuat cerita. Contohnya kalimat pertama saya yang membuat lalu kalimat berikutnya sepupu saya yang melanjutkan.
4. Membuat mainan dari bahan-bahan yang sudah tak terpakai seperti dari koran bekas dan kertas bekas. Pernah satu kali kami membuat kotak donat & kotak kue dari koran. Lalu untuk bentuk donat & kuenya saya menyuruh sepupu saya yang menggambar & mewarnainya. Untuk permainan yang satu ini yang paling antusias
adalah Rifki. Wajahnya sangat bersemangat ketika mewarnai kue donatnya dan kue berbentuk bintang.
5. Membuat sandiwara boneka.
Dengan modal boneka yang ada dirumah, suara buatan dan daya imajinasi menghasilkan sandiwara boneka yang seru dan menghibur.

6. Bermain menggunakan media komputer.
Sebelum memiliki software edugames saya hanya memperkenalkan program PAINT yang ada di Windows untuk menggambar. Sekarang saya mendampingi sepupu saya yang berumur 7 tahun bermain dengan program Edugames SEBRAN ( disini sepupu saya bisa belajar penambahan, perkalian, mencocokkan gambar dalam bahasa Inggris dan tebak huruf), lalu untuk sepupu saya yang masih 4 tahun saya ajak bermain mewarnai dengan program ”Color The Animal”.

Terkadang sebelumnya saya selingi dengan lagu-lagu anak berbahasa Inggris lengkap dengan animasi yang lucu (saya download dari http://www.britishcouncil.org/kids-songs.htm)
So, banyak kegiatan menyenangkan & mendidik yang bisa dieksplorasi lagi dengan memanfaatkan hari libur mereka. Sehingga hari libur tidak harus jalan-jalan ke Mol donk!

No comments:

Post a Comment