Thursday 27 December 2018

Show Off Your Hidden Talent!



Diawali dengan pertanyaan “What is a talent?”. Sebenarnya apasih talent/bakat itu? Ada yg berpendapat bakat/talent is a gift. Sesuatu yg special yg Tuhan berikan pada orang-orang tertentu saja. Kalau menurutku bakat adalah kemampuan yg ada pada diri seseorang yang bila dilatih dan diekplorasi dengan maksimal akan berkembang dengan baik.

Lalu apa maksudnya dengan ‘Hidden Talent’? Apakah itu maksudnya 'Bakat tersembunyi' atau 'bakat yg disembunyikan?' Well, mungkin ini yg terjadi pada diriku. Bisa dibilang sejak kecil aku memang suka gambar , ya seperti umumnya anak kecil lain menganggap kegiatan menggambar adalah aktivitas anak-anak biasa. Walau sebenarnya saat itu agak kurang lazim bagiku yg saat itu masih kelas 5 SD sudah bisa menggambar sketsa wajah orang. Yeah tapi orang-orang disekitar, baik guru & orangtua menganggap kesukaanku menggambar hanyalah bagian dari masa anak-anak semata. Tidak ada yg melihatnya sebagai sesuatu yg special. Walau sebenarnya aku berharap seseorang dimasa lalu ada yg memperhatikan bakatku dan mengarahkannya untuk berkembang.


Dan sampai aku tumbuh besar pun kuanggap kesukaanku menggambar hanyalah kegiatan biasa anak-anak sekolahan, ya sperti mencorat-coret sketsa gambar dibuku harian, buku pelajaran. That’s it.  Tapi pernah sih pas SMA berpikir untuk melanjutkan kuliah ke jurusan seni lukis. Tapi ya lagi-lagi orangtua tidak menanggapi dengan serius. 



Namun tiba jg saat bakat gambarku sudah tak terbendung lg. Akupun berinisiatif belajar dengan cepat dengan mengambil kelas desain digital, lalu mengikuti workshop-workshop seni, berkolaborasi dengan orang-orang industri kreatif dan tentunya belajar secara otodidak.

Dan sekarang sudah kurang lebih dua tahun ini aku mulai menggambar objek yg kusuka seperti bunga, dedaunan dengan cat air. Ditengah kesibukanku mengajar disekolah aku sempatkan berlatih menggambar dengan bantuan referensi dari internet, channel youtube dan instagram seniman-seniman dr seluruh dunia.

Sampai akhirnya aku memutuskan ingin membuat brand yg mewakili karya-karya seniku dan menjadikan ragam produk yg bisa dipakai orang banyak. Alhamdulillah bulan Oktober lalu aku mulai membangun brand untuk karya seniku/artworks. Kupilih nama “DreamyLit” karena mimpi-mimpi dan ide-ide kreatif dikepalaku selalu memancarkan cahayanya.

Saat itu mulailah aku mencari wadah yg bisa membantuku mewujudkan bagaimana desainku bisa hadir dlm sebuah produk. Lalu kumenemukan Tokome, penyedia online merchandise. Akupun mulai bergerak cepat mengumpulkan harta karun berupa kumpulan karyaku yg sudah kubuat sendiri secara manual, lalu kuedit , kupercantik sedemikian rupa hingga akhirnya bisa dilihat dalam bentuk produk siap pakai seperti tas totebag,sling bag, pouch, notebook , sketchbook dll. Wah, rasanya benar-benar menyenangkan apalagi melihat pembeli yg menyukai desainku.


Nah berikut ini adalah deretan desain cantik nan unik yg sudah kubuat. Jika teman-teman mau melihat detailnya bisa menuju link webstore ini: https://tokome.id/dreamylit

Sling Pouch

Sling Bag

Spiral Notebook


InsyaAllah aku akan terus mengekplorasi bakat seniku. Karena jujur saja begitu banyak ide-ide  kreatif dikepala. InsyaAllah akan kucoba mewujudkannya satu persatu dulu. Slowly but sure my friends…

Alhamdulillah aku sangat menikmati proses kreatif dalam berkarya, mencoba banyak hal berbeda dan menemukan hal-hal tak terduga didalam prosesnya. Dan sekarang memang sudah saatnya memperlihatkan bakatku pada dunia. Semoga teman-teman lain jg punya semangat yg sama dalam berkarya. Enjoy your creative process pals~

No comments:

Post a Comment