Thursday, 31 December 2015

Lima Langkah Mudah Membuat Kalender Cantik 2016 di Microsoft Publisher



Alhamdulillah kita sudah berada di penghujung tahun 2015 dan sudah ada daftar rencana yg akan dilakukan di tahun 2016. Oleh karenanya must-have item yg wajib kita punya di awal tahun 2016 adalah...kalender baruuu! :D

Biasanya kita mendapatkan kalender baru dari kantor atau membelinya di penjual kalender. Namun, terkadang kita membutuhkan kalender yg bisa kita coret-coret sekadar untuk menambahkan jadwal dadakan atau menulis pesan penting agar lebih mudah mengingatnya.

Dan itu berarti kita butuh kalender tambahan yg bisa kita buat sendiri. Berikut ini saya membuatkan lima langkah mudah membuat kalender cantik di Microsoft Publisher 2007.

1. Jalankan program Microsoft Publisher di komputer/laptop.
*Bagi yg belum pernah memakai Microsoft Publisher pasti bertanya-tanya apa iya di komputernya ada program Microsoft Publisher. Tenaaaang, kalau sudah biasa menggunakan program Windows dan mengetik di Microsoft Word pasti ada jg kok program Microsoft Publisher.

2. Selanjutnya klik menu 'File' lalu pilih 'New'. Akan ada beberapa pilihan jenis publikasi, kita pilih 'Calendars'. Kemudian barulah kita pilih template desain kalender yg kita sukai.



3. Langkah berikutnya, kita setting kalender perbulan per halaman (one month per page)  atau per tahun dlm satu halaman (one year per page). Kalau saya memilih perbulan per halaman (one month per page), lalu klik pilihan bulan & tahunnya (January 2016-December 2016). Jangan lupa pilih posisi kertasnya menjadi 'Landscape'. Lalu klik 'Create' dibagian bawah maka akan muncul daftar halaman kalender dr January-December 2016.




4. Sekarang kita ada di jendela utama pembuatan kalender. Kita tinggal menambahkan gambar latar/background kalender supaya jadi lebih cantik. Dari menu ‘Format’ dibagian atas pilihlah 'Background', kemudian pilih file gambar yg mau kita pakai. Setelah itu kita bisa klik ‘Apply To All Pages’ agar setiap halaman per bulan memiliki latar gambar yg sama. Selain itu kita bisa memilih jenis tulisan yg kita sukai di 'Font Scheme' dan pilihan warna di 'Color Scheme'.




5. Terakhir kita bisa mewarnai tanggal dihari Minggu dan hari libur lainnya dgn warna merah plus cetak tebal (Bold). Ketik juga keterangan hari libur memperingati apa. Oiya jangan lupa simpan file kalender (Save As) yg sudah kita buat.


Ok, sekarang kita sudah memiliki kalender cantik 2016 yg siap dicetak! Selamat Tahun Baru 2016! 

Sumber foto background kalender : freevectors

1 comment:

  1. terimakasihh., baru tau kalo microsoft ada ginian.,hhaha

    ReplyDelete