Friday 1 June 2012

Warna-warni Kelas Bahasa Inggris Jarak Jauh di Facebook

Setahun yang lalu, saya sebagai mahasiswa FKIP jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mendapat kesempatan mengikuti Program Pengalaman Lapangan di SMP kelas 7 di daerah Ciputat. Dari kegiatan inilah saya belajar secara langsung bagaimana sibuknya mempersiapkan RPP, menyajikan materi, membuat penilaian, mengelola kelas, sampai bersosialisasi di lingkungan sekolah.
Dan salah satu hal yang paling seru bagi saya adalah kesempatan bertemu murid-murid dengan karakter berbeda-beda. Saya senang dapat berbagi ilmu walau saya sempat kewalahan dengan kecerewetan mereka. Untuk itulah saya selalu menyiapkan “box of tricks” setiap kali mengajar.
Tibalah saat masa Program Pengalaman Lapangan akan berakhir. Wah, rasanya berat sekali bagi saya berpisah dengan murid-murid disana. Saya sedih karena merasa belum sepenuhnya memberikan yang terbaik bagi mereka. Apalagi sejauh pengamatan saya, kemampuan bahasa Inggris mereka masih sangat kurang. Terlihat dari kurang pahamnya mereka dengan vocabulary/kosakata yang ada dibuku teks, writing/penulisan mereka masih butuh perbaikan dan pronunciation/pengucapan mereka ketika berbicara masih jauh dari dari pengucapan yang benar.
Saya berpendapat kemungkinan besar karena mereka kurang mendapat exposure/pajanan akan sumber berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari mereka. Guru mungkin juga tidak sepenuhnya membiasakan penggunaan bahasa Inggris yang komunikatif selama di kelas dan di luar kelas.
Kemudian saya pun berinisiatif memberikan alamat facebook yang memang saya khususkan untuk  tempat belajar bahasa Inggris. Hal ini menjadi salah satu cara agar mereka tetap belajar bahasa Inggris walau saya berada jauh dari mereka (kebetulan saya tinggal di Bekasi dan mereka di Ciputat). Jadi ibaratnya saya membuka kelas jarak jauh dan facebook menjadi sarana bagi murid-murid di Ciputat untuk tetap bisa belajar bahasa Inggris dengan saya yang di Bekasi.  Alhamdulillah hal ini disambut baik oleh murid-murid disana.
Setelah kami semua berteman di facebook, barulah saya buatkan mereka grup belajar bahasa Inggris. Grup belajar bahasa Inggris saya desain semenarik mungkin agar mereka nyaman belajarnya. Berikut ini tips-tips dari saya agar grup facebook bisa menjadi tempat belajar bahasa Inggris yang lebih berwarna dan nyaman bagi semua.

1.  Guru perlu membuat peraturan yang wajib dipatuhi murid-murid yang tergabung di grup facebook. Ini bertujuan supaya proses belajar di grup tetap kondusif dan tujuan pembelajaran tercapai. Termasuk didalamnya mengingatkan murid-murid untuk tetap bersikap sopan dalam memberikan pendapat atau komentar.

2.  Mengingat grup facebook yang saya buat adalah untuk belajar bahasa Inggris maka saya mengajak mereka untuk sesering mungkin menggunakan bahasa Inggris dalam aktifitas di grup. Namun jika mereka kebingungan mau menulis apa mereka bisa menggunakan Google Translate atau jika sangat terdesak bisa memakai bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Inggris disini bertujuan agar mereka terbiasa dalam menulis bahasa Inggris.

3. Guru harus kreatif dalam menampilkan materi-materi di grup facebook agar aktifitas belajar lebih hidup. Apalagi dengan beragamnya sumber belajar di internet menjadikan guru punya banyak kesempatan membuat sesuatu yang berbeda dengan belajar di dalam kelas. Berikut contohnya ketika kami belajar ‘Prepositions’ dengan media gambar dari worksheet yang saya download di www.busyteacher.org.



Atau bisa juga menyisipkan video yang bagus untuk dibahas. Seperti memutarkan video dari YouTube yang berkaitan dengan pengenalan kosakata baru. 




4.  Guru juga jangan sampai  lupa untuk memuji murid-murid yang bersikap baik dan aktif di grup facebook. Ataupun memberikan ucapan selamat bila ada diantara mereka yang berulang tahun atau mungkin memberikan semangat ketika mereka sedang mempersiapkan diri untuk ujian. Guru bisa lebih kreatif dengan mengirimkan ucapan dalam bentuk yang unik. 



Jadi walau saya berada di Bekasi dan murid-murid berada di Ciputat dengan bantuan facebook kami tetaplah dekat dan bersemangat belajar bahasa Inggris. Dan sejauh ini yang menjadi faktor penting dalam pengelolaan belajar jarak jauh di facebook ini adalah kreatifitas guru dalam menyajikan materi belajar yang berbeda dengan dikelas pada umumnya. Oke. Semoga bermanfaat! Happy Teaching! ^_^


No comments:

Post a Comment